Wednesday, June 29, 2022

Resume Pertemuan ke-19 Pelatihan Belajar Menulis PGRI 

Judul                 : Pemasaran Buku

Gelombang       : 26

Hari/Tanggal    : Rabu/29 Juni 2022

Nara Sumber    : Agus Subardana,S.E,M.M

Moderator        : Sigit Purwo Nugroho 



Assalamualaikum, selamat malam dan salam sejahtera untuk kita semua.

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah, Tuhan yang Maha Esa, karena sampai hari ini dimalam yang ke 19 pelatihan BM, kita semua masih diberi nikmat sehat. Kita masih bisa mengikuti dan semoga tetap istiqomah hingga selesai pelatihan dan menghasilkan buku solo.
 
Pertemuan ke 19 malam ini masih berkaitan dengan pertemuan sebelumnya. Masih berbicara seputar penerbitan buku. Keren sekali step-step dalam pelatihan BM asuhan Om Jay ini. Kita diberikan materi yang terus berkesinambungan dari mulai pemberian content tentang penulisan, tata cara menulis, jenis-jenis tulisan, cara membuat tulisan kita menjadi sebuah buku, bagaimana buku bisa diterbitkan hingga pemasaran bukunya.  

Malam ini materi yang akan disampaikan narasumber adalah Pemasaran Buku. Dan narasumber kita malam ini adalah bapak Agus Subardana, direktur marketing Penerbit Andi Offset. Bapak Agus sudah sangat berpengalaman sekali dalam bidang marketing, sejak awal tahun 1999 hingga sekarang masih bergelut dalam bidang ini. Maka tidak diragukan lagi tentunya akan banyak tips-tips yang akan disampaikan kepada peserta pelatihan BM ini berkaitan dengan penerbitan dan pemasaran buku yang akan dihasilkan peserta. Pak Agus akan didampingi oleh  moderator bernama bapak Sigit Purwo Nugroho selama dua jam yaitu dari pukul 19.00 - 21.00 WIB.

Seperti biasa pertemuan kali ini dibagi menjadi 4 sesi, yaitu:

  1. Pembukaan 
  2. Paparan materi
  3. Tanya jawab
  4. Penutup
Doa selalu menjadi awal dimulainya aktifitas, dengan harapan kegiatan pelatihan BM malam ini berjalan dengan lancar. Pak Sigit, moderator kita malam ini membuka kegiatan dengan mengajak seluruh peserta untuk berdoa terlebih dulu.

Beberapa point yang disampaikan oleh narasumber kita malam ini antara lain :

🌳Penerbit  Andi adalah penerbit mayor yang bekecimpung di dunia penenrbitan buku dengan beberapa kategori kurang lebih ada 32 kategori, mulai dari buku anak, buku populer, buku tentang fiksi, buku  novel, buku-buku teks perguruan tinggi, buku pelajaran mulai dari TK s.d SMA/SMK dan lain-lain. Selama 40 tahun menerbitkan buku sudah banyak judul buku yang diterbitkan dan dalam sebulan bisa menerbitkan 30 - 60 judul buku.

🌳 Pada masa pandemi Covid 19 penerbit Andi mengalami goncangan yang cukup besar karena pemasaran buku di Indonesia sangat turun drastis dan banyak penerbitan buku yang gulung tikar. Omset selama pandemi juga mengalami penurunan secara drastis yaitu hingga 60%, namun alhamdulillah saat ini sudah mulai kembali ke new normal, dalam dua bulan ini sudah mulai ada kenaikan penjualan.

🌳Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

🌳Strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1.Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2.Faktor Makro yaitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

🌳Strategi pemasaran penerbit Andi dibagi menjadi dua yaitu, secara online atau serangan udara dan secara offline yang merupakan serangan darat.  

🌳 A.Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )

1. Pentingnya Transformasi Digital 

Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :

  • Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
  • Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
  • Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
  • Menaikan penjualan dan profit
  • Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
  • Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
  • Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.

2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link  Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik.

 🌳 B.Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

1.Toko Buku

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.

Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

  • Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.
  • Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner.
  • Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
  • Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )
  • Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut yaitu melalui Kepala Toko nya dan Supervisor

2.  Directselling

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

  • Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
  • Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah.
  • Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum.

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten. Penerbit ANDI Offset mempunyai 96 Cabang di Indonesia dari Aceh s.d Jayapura.


Selanjutnya adalah sesi tanyajawab. Berikut ini adalah rangkuman jawaban yang disampaikan oleh narasumber, antara lain : 

💥Penerbit Andi  tidak bersedia untuk hanya menerbitkan atau mencetak 25 eksemplar buku saja dan juga  tidak bisa memperhitungkan berapa hitungannya atau bagaimana cara menghitungnya kalau hanya 25.

💥Yang menjadi pertimbangan paling penting dalam menentukan strategi pemasaran buku adalah tentang target pasar, jenis buku yang ditulis sesuai dengan target pasar,. Yang kedua berdasarkan potensi pasar. misalkan kita akan menerbitkan buku tentang perpajakan, maka hal terpenting yang harus diperhitungkan adalah berapa jumlah mahasiswa yang mengambil ekonomi dan mata kuliah perpajakan tersebut.

💥Cara mempengaruhi nilai pelanggan itu adalah pertama dari sisi kualitas produk kita, kalau buku adalah materi yang kedua pelayanan dan sisi pengiriman dan harga itu sesuai tidak dengan harga yang kita berikan.  Biasanya  ada promo-promo khusus sehingga itu  akan menarik dan mempengaruhi nilai pelanggan.

💥Komunikasi pemasaran yang terintegrasi dan efektif harus mengikuti langkah-langkah yang baik agar  terintegrasi satu dengan lain dari mulai proses produksi penerbitan buku  hingga buku sampai ke pelanggan, sehingga cara kerja yang teritergrasi dengan baik akan menghasilkan penjualan yang baik pula.

💥Menentuka penerbit kita harus harus tahu latar belakang penerbitnya, bisa lihat jejaknya di websitenya mungkin, apa saja jenis-jenis buku yang telah diterbitkan. Sebagai penulis akan mendapat royalti perjanjian kontrak itu dibuat awal dan royalti sesuai dengan kontraknya. Royalti berjangka  6 bulan - 1 tahun dan berkisar antara 5-10 %.


Closing statenment : 

Marilah terus berkarya lewat tulisan yang dapat memberikan kebaikan kepada masyarakat.

Menulis adalah berjuang, Penulis adalah Pahlawan yang akan di kenang selama – lamanya, lembaran karya adalah medan pertempuran, Pena adalah senjatanya.

"Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia”.


Salam Literasi💪💪💪


No comments:

Post a Comment

Resume Pertemuan ke-30 Pelatihan Belajar Menulis PGRI  Judul                 : Digitalisasi Gerakan Literasi Sekolah Gelombang       : 2...