Resume Pertemuan ke-19 Pelatihan Belajar Menulis PGRI
Judul
: Pemasaran Buku
Gelombang : 26
Hari/Tanggal : Rabu/29 Juni 2022
Nara Sumber : Agus Subardana,S.E,M.M
Moderator : Sigit Purwo Nugroho
Malam ini materi yang akan disampaikan narasumber adalah Pemasaran Buku. Dan narasumber kita malam ini adalah bapak Agus Subardana, direktur marketing Penerbit Andi Offset. Bapak Agus sudah sangat berpengalaman sekali dalam bidang marketing, sejak awal tahun 1999 hingga sekarang masih bergelut dalam bidang ini. Maka tidak diragukan lagi tentunya akan banyak tips-tips yang akan disampaikan kepada peserta pelatihan BM ini berkaitan dengan penerbitan dan pemasaran buku yang akan dihasilkan peserta. Pak Agus akan didampingi oleh moderator bernama bapak Sigit Purwo Nugroho selama dua jam yaitu dari pukul 19.00 - 21.00 WIB.
Seperti biasa pertemuan kali ini dibagi menjadi 4 sesi, yaitu:
- Pembukaan
- Paparan materi
- Tanya jawab
- Penutup
1.Faktor Mikro yaitu perantara,
pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.Faktor Makro yaitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
🌳Strategi pemasaran penerbit Andi dibagi menjadi dua yaitu, secara online atau serangan udara dan secara offline yang merupakan serangan darat.
🌳 A.Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
1. Pentingnya Transformasi Digital
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikan penjualan dan profit
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.
2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik.
🌳 B.Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Strategi pemasaran buku serangan
darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara
lain :
1.Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu
memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar
sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok
rutin di toko buku maka kita perlu
pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu
Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Untuk itu saluran toko buku
tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan
sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan
kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara
yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner.
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut yaitu melalui Kepala Toko nya dan Supervisor
2. Directselling
Pemasaran Buku melalui
Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita
terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi
menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah.
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum.
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten. Penerbit ANDI Offset mempunyai 96 Cabang di Indonesia dari Aceh s.d Jayapura.
Selanjutnya adalah sesi tanyajawab. Berikut ini adalah rangkuman jawaban yang disampaikan oleh narasumber, antara lain :
💥Penerbit Andi tidak bersedia untuk hanya menerbitkan atau mencetak 25 eksemplar buku saja dan juga tidak bisa memperhitungkan berapa hitungannya atau bagaimana cara menghitungnya kalau hanya 25.
💥Yang menjadi pertimbangan paling penting dalam menentukan strategi pemasaran buku adalah tentang target pasar, jenis buku yang ditulis sesuai dengan target pasar,. Yang kedua berdasarkan potensi pasar. misalkan kita akan menerbitkan buku tentang perpajakan, maka hal terpenting yang harus diperhitungkan adalah berapa jumlah mahasiswa yang mengambil ekonomi dan mata kuliah perpajakan tersebut.
💥Cara mempengaruhi nilai pelanggan itu adalah pertama dari sisi kualitas produk kita, kalau buku adalah materi yang kedua pelayanan dan sisi pengiriman dan harga itu sesuai tidak dengan harga yang kita berikan. Biasanya ada promo-promo khusus sehingga itu akan menarik dan mempengaruhi nilai pelanggan.
💥Komunikasi pemasaran yang terintegrasi dan efektif harus mengikuti langkah-langkah yang baik agar terintegrasi satu dengan lain dari mulai proses produksi penerbitan buku hingga buku sampai ke pelanggan, sehingga cara kerja yang teritergrasi dengan baik akan menghasilkan penjualan yang baik pula.
💥Menentuka penerbit kita harus harus tahu latar belakang penerbitnya, bisa lihat jejaknya di websitenya mungkin, apa saja jenis-jenis buku yang telah diterbitkan. Sebagai penulis akan mendapat royalti perjanjian kontrak itu dibuat awal dan royalti sesuai dengan kontraknya. Royalti berjangka 6 bulan - 1 tahun dan berkisar antara 5-10 %.
Closing statenment :
Marilah terus berkarya lewat tulisan yang dapat memberikan kebaikan kepada masyarakat.
Menulis adalah
berjuang, Penulis adalah Pahlawan yang akan di kenang selama –
lamanya, lembaran karya adalah medan pertempuran, Pena adalah senjatanya.
"Buku adalah gudang ilmu,
kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia”.
Salam Literasi💪💪💪
No comments:
Post a Comment